Jumat, 14 Desember 2012

Mengatasi Komputer Yang Tidak Mau Tampil Di Monitor

Masalah dalam komputer atau yang lebih sering disebut Troubleshoting Computer memang banyak sekali. Dari banyaknya masalah itu, sebagian besar dari kita sering anngap tak peduli dengan masalah-masalah yang sedang menyerang komputer kita. Lebih mudah bawa ke tukang servis komputer saja. Padahal sebenarnya, kebanyakan masalah itu bisa kita perbaiki sendiri dengan sedikit ketelitian dan kesabaran. Nah, di bawah ini adalah salah satu masalah yang sering menimpa komputer kita, apalagi komputer yang jadul-jadul. Masalah tersebut adalah "komputer yang tidak mau tampil gambarnya di monitor". Sebenarnya kita bisa memperbaiki sendiri masalah tersebut, cara nya adalah :

  1. Buka casing komputer lebih dulu dengan menggunakan obeng.
  2. Bersihkan debu-debu dan kotoran lain yang ada di dalam CPU dengan menggunakan kuas kecil atau vacum cleaner.
  3. Siapkan kain yang halus, penghapus pensil atau tisu untuk membersihkan komponen.
  4. Cek satu per satu hardware yang ada atau terpasang di komputer Anda.
    • kabel power atx 20/24 pin dan 12 voltnya cek koneksinya masih OK atau tidak kalu perlu di buka dan dipasangkan lagi ke soket powernya.
    • cek koneksi RAM Memory yang tepasang, kalau perlu RAM Memory di lepas dan PIN atau kaki-kaki slot RAM dibersihkan mengunakan penghapus pensil tersebut di atas kemudian  setelah itu di pasang kembali pada slot yang lain atau asalnya.
    • cek VGA Card yang terpasang, kalu perlu VGA Card di lepas dan PIN atau kaki-kaki slot VGA dibersihkan mengunakan penghapus pensil, setelah itu di pasang kembali pada slot asalnya.
  5. Setelah semua selesai di lakukan pengecekan dan sudah terpasang dengan sempurna pada tempatnya tinggal langkah terakhir.
  6. pasang tutup casing, dan pasangkan semua kabel kabel pada tempat asalnya kemudian nyalakan     komputermu.
  7. Selesai
Demikianlah sedikit pengetahuan yang saya alami, dan semoga bisa bermanfaat untuk temen-temen yang lain.
Terima kasih.


sumber : http://misterje.blogspot.com/2011/01/mengatasi-komputer-yang-tidak-mau.html

Leave a Reply